hair test: DAMAGE HAIR ALERT!

Tes Rambut? Hal ini pasti berkaitan erat dengan masalah kerusakan rambut.
Beda jenis kerusakan yang dialami/diderita beda pula cara penanganannya.
Bagaimana caranya mengetahui rambut rusak atau tidak?
TES DULU YUKKK~~

  1. Ambil sehelai rambut dan letakkan di gelas berisi air putih. Tunggu 1 menit. Apabila rambut perlahan TURUN ke dasar gelas, itu artinya rambutmu TDAK SEHAT. DAMAGE HAIR ALERT! (hal ini disebabkan karena banyaknya kandungan kimia yang menyelimuti rambut) Rambut yang kering akan mudah menyerap air dan tenggelam dalam segelas air. Apabila rambut SEHAT DAN TERNUTRISI, helaian rambut akan MENGAPUNG di permukaan air.
  2. Coba masukkan helaian rambut pada lubang jarum,lalu tarik dengan cepat. Bila ditarik TERSENDAT - SENDAT,itu menandakan permukaan helaian rambut KASAR. DAMAGE HAIR ALERT! (hal ini disebabkan karena terbukanya kutikula rambut yang kekurangan protein dan kadar kelembapannya rendah sehingga rambut jadi kasar dan susah diatur)
  3. Masih ada cara lain untuk melihat tingkat kesehatan rambut, yaitu dengan tepung terigu. Ambil sehelai rambut lalu balurkan ke tepung terigu,angkat dan perhatikan. bila tepung terigu jatuh saat diangkat,berarti your hair is safe. Namun jika banyak yang menempel, itu berarti kutikula rambut terbuka dan menyebabkan banyak tepung menyangkut di rambut. And that means one thing only: DAMAGE HAIR ALERT!
Cermati permasalahan rambutmu dan coba salah satu solusi untuk DAMAGE HAIR dibawah ini~:

  • KULIT KEPALA SENSITIF, RAMBUT KERING
  • Tanda dan Penyebab: Kulit kepala yang sensitif biasanya punya batang rambut yang kering, yang bisanya disebabkan karena permasalahan distribusi nutrisi dari akar ke batang rambut. Tanda-tandanya adalah kulit kepala meradang kemerahan,kasar,dan timbul jerawat kecil. Faktor utama penyebabnya? It's no other than air pollution and stress. 
    Solusi? {*}Gunakan sampo yang memiliki kandungan khusus bagi kulit kepala sensitif dan rambut kering. {*}Try at least avoid places with smokes and friends. Kandungan residu yang terdapat pada polusi bisa menumpuk di kulit kepala dan lama kelamaan menimbulkan iritasi.

  • BERCABANG DAN KUSAM
  • Penyebab: Penggunaan kosmetik rambut dan hair tools/catok terlalu sering serta paparan sinar matahari membuat kutikula rambut terbuka,yang akhirnya rambut menjadi bersisik dan bercabang. 
    Solusi? {*} You're addicted to hair colouring?,pastikan memilih pewarna rambut yang mengandung vitamin dan pelembap, perawatan seperti hair mask,. Bukan creambath, karena pemijatan pada creambath hanya memberi efek relaksasi pada kulit kepala, but NOT FRIENDLY enough dengan batang rambut. {*} Sebulan sekali, cobalah lakukan trimming (menggunting ujung-ujung rambut) di salon. {*} Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein,antioksidan serta sayuran yang mengandung vitamin B.

  • RONTOK
  • Penyebab: Masalah rambut ini memiliki ciri-ciri rambut yang mengalami kerontokan yang jumlah helai rambut yang lepas lebih dari 120 helai per hari. Selain disebabkan oleh faktor hormonal, rambut rontok juga disebabkan oleh sederet 2 permasalahan rambut lain. 
    Solusi? {*} Banyak mengonsumsi Vit.C . {*} Hindari/kurangi kebiasaan mengikat rambut.


source: majalah femina edisi entah berapa yang kubaca disalon. LOL 
Untuk lebih menjaga kesehatan rambut, baca juga ethernalsummer:harmfurchemicalstoavidinhair

halinda saraswati

No comments:

Post a Comment