Manfaat Santan Kelapa [untuk rambut]

Kenapa bahas santan sih?

Okay, WAIT! APA ITU SANTAN? Seperti yang kukutip dari mediacalera , santan adalah cairan berwarna putih susu yang diperoleh dengan cara pengepresan parutan daging kelapa dengan atau tanpa penambahan air. Rasanya yang gurih santan disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak masakan khas Indonesia menggunakan santan dalam pengolahannya, misalnya rendang, sayur lodeh, kolak, kari, opor, dan nasi uduk.

Bagi seorang wanita, rambut itu bagaikan sebuah mahkota. Malah ada yang bilang kalau rambutnya bagus,enak dipandang,enak dicium,enak diemut, itu bisa menambah kepercayaan diri seseorang.

Apa hubungan SANTAN dengan RAMBUT?
menurut kaminomotoindonesia,  bahan dasar yang baik sebagai conditioner adalah kelapa, maka tidak heran apabila penggunaan santan kelapa merupakan pilihan yang paling tepat untuk melembabkan rambut. Santan kelapa dapat melembutkan, melembabkan dan merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan indah. Selain itu, santan kelapa juga dapan mencegah timbulnya uban secara dini dan dapat mengatasi masalah ketombe.

komposisi bahan aktif dari santan kelapa ini terdiri dari asam askorbat ( vitamin c ), protein, lemak, mineral ( kalsium, fospor, besi ), hidrat arang,  ( glukosa, fruktosa, dan sukrosa ), serta kandungan air buah kelapa 95.5 gr dari tiap 100 gr-nya.

FYI! Karena writer (ceileh writer) udah praktek pakai santan dan terbukti manjur (rambut lebih lembut, tumbuhnya cepat). Jadi writer nulis santan untuk melembutkan rambut karena sudah terbukti kemanjurannya, khasiatnya dan baik hati bagi-bagi info untuk cewek cewek cantik diseluruh dunia. #PLAKK #MODUS

Alasan sebenarnya sih, karena si writer have a swirly curly noodle dried hair -- yang intinya susah diatur, dan menurut omongan nenek, sesepuh, bacaan di majalah, santan bagus untuk merawat rambut and that's right.

Memang di kaminomotoindonesia sudah dibahas juga gimana caranya buat conditioner dari santan kelapa, tapi biar lebih afdol-nggak disebut sebagai writer tukang copas (yang alhamdullilah nggak pernah dapet panggilan begituan),

I'll share how I did mine: 
(lakukan sebelum keramas) 

  1. Coba pakai santan kelapa ASLI, hasil peresan sendiri (bukan semacam sun kara atau produk santan instan lainnya yang dijual di minimarket), jangan terlalu encer juga
  2. Aplikasikan santan ke rambut, seperti saat memakai shampoo
  3. Biarkan hingga 10-20 menit (hampir mengering)
  4. Bilas dengan air hingga bersih, sekalian dikramasi pakai shampoo yaa . WHY? Karena para semut suka santan, nggak mau kan kalau tidur banyak semut baris dikepala

Coba secaa rutin, at least once a week, dicoba sampai kapan? whatever you want dear, you decided when to start and stop. Karena biasanya cewek itu suka yang bagus tapi pinginnya instan,nggak mau ribet. Tapi kalau mau tampil yang terbaik harus berjuang kan. I'd prefer try something natural but takes long time than have something instant but threatful.

Special beauty tips for curly hair: ((Gogirlmagz! 110/Maret2014)

  1. hindari shampoo dengan efek volumizing karena bisa bikin rambut makin ngembang
  2. pakai shampoo yang banyak mengandung pelembab seperti: santan, sea butter, honey, minyak kacang dan minyak biji gandum 
  3. karena rambut keriting cenderung kering (unbelievable true), makanya wajib pakai kondisioner setelah keramas. Bisa juga pakai leave-in kondisioner.
  4. biar keriting lebih rapi dan seha, coba pakai mousee khusus untuk rambut keriting saat rambut masih dalam keadaan lembab sehabis keramas 


khasiat lain santan

halinda saraswati

4 comments: